Artikel

AUG 24

Gleen Doman

August 24, 2013 | by Admin Tk Syuhada
BELAJAR MEMBACA MENYENANGKAN
MELALUI METODE GLENN DOMAN

Perkembangan bahasa anak usia dini terdiri dari berbicara, membaca, menulis dan menyimak. Mengajarkan membaca untuk anak usia dini diperlukan metode yang tepat. Metode belajar membaca konvensional dengan mengajarkan abjad menjadikan anak-anak merasa kesulitan dan terbebani, karena mereka harus menghafalkan ke-26 huruf alfabet terlebih dahulu tanpa tahu apa maknanya.  Padahal dengan hanya mengalihkan sedikit saja fungsi dan bentuk alfabet-alfabet tadi dengan menyampaikan rangkaian huruf membentuk kata bermakna, anak akan semakin cepat belajar.
Sebelum memulai belajar dengan metode ini, ada dua hal yang menjadi syarat, yaitu:
1.    Sikap dan pendekatan orang tua yang menyenangkan, sehingga proses belajar membaca akan menyenangkan dan merupakan permainan yang menarik.
2.    Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini.  Hentikan permainan sebelum anak menghentikannya (bosan).
Sebelum mulai belajar, persiapkan dahulu Flash Cards sebagai media belajar utama Metode Glenn Doman.
Adapun tahap-tahap menerapkan metode Glenn Doman antara lain:
Tahap I  yaitu Latihan Perbedaan Penglihatan
Hari Pertama:  
1.    Setiap hari, anak akan mempelajari 5 kosa kata baru yang saling terkait. Tunjukkan satu Flash Cards bergambar sebuah kata yang dekat dengan anak, misalnya kata IBU
2.    Katakan dengan jelas: 'ini bacaannya IBU”.
3.    Jangan jelaskan hal lain.
4.    Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik.
5.    Tunjukkan 4 kartu lainnya dengan cara yang sama.
6.    Jangan meminta anak mengulang apa yang Anda ucapkan.
7.    Setelah kata ke-5, peluk, cium dengan hangat dan tunjukkan kasih sayang dengan cara yang menyolok.
8.    Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit 1,5 jam.

Hari Kedua:
1.    Awali dengan mengulang materi di hari pertama sebanyak 3 kali.
2.    Tambahkan lima kata baru yang harus diperlihatkan 3 kali sepanjang hari kedua.  Jadi ada 6 pelajaran (3X pengulangan selama 2 hari).
3.    Jangan lupa menunjukkan rasa bangga Anda kepada anak.
4.    Jangan lakukan test, belum waktunya !
Hari Ketiga
1.    Lakukan seperti hari ke-2
2.    Tambahkan lima kata baru seperti hari kedua sehingga menjadi 9 Pelajaran (3x pengulangan selama 3 hari).
Hari Keempat, Kelima, Keenam
ulangi seperti ketiga hari pertama tanpa menambah kata-kata baru.
Hari Ketujuh
Beri kesempatan pada anak untuk memperlihatkan kemajuannya dengan cara:
1.    Pilih kata kesukaannya.
2.    Tunjukkan kepadanya dan ucapkan denga jelas 'ini apa?'
3.    Hitung dalam hati sampai sepuluh.  Jika anak memberikan jawaban    dengan tepat, tunjukkan kegembiraan Anda sebagai apresiasi.  Namun jika anak tidak memberikan jawaban atau salah, katakan dengan gembira apa bunyi kata itu dan teruskan pelajarannya.
Hingga akhir tahap I ini anak telah mempelajari 15 kosa kata.  Untuk memasuki Tahap II (Pengenalan Diri), ambil 3 kartu kemudian tambahkan 2 kartu baru dari kelompok kata di Tahap II sebagai rangkaian awal penyampaian materi Tahap II (Pengenalan Diri).  Selanjutnya buat 10 kosa kata baru tentang diri (contoh: tangan, kaki, mata, dll) yang akan diajarkan di hari kedua dan ketiga tahap II .  Pastikan tidak ada kartu kata yang dimulai dengan huruf yang sama secara berurutan, misalnya kata “lidah” dengan “lutut”.
Pada tahap selanjutnya, Tahap III (Rumahku), anak dikenalkan dengan kosa kata yang terkait dengan “rumah”. Awali dengan 5 kata benda, misalnya: jendela, pintu, dinding, meja, dan kursi.  Pada hari berikutnya sampaikan 5 kosa kata baru tentang kata milik, misalnya: baju, piring, topi, sepatu, yoyo.  Pada hari ketiga, sampaikan kata kerja, misalnya: makan, tidur, duduk, melompat, membaca.  Akan semakin menyenangkan jika kegiatan ini dipraktikkan sambil menambah kata: “ibu melompat”.  Ulangi kosa kata di atas secara berurutan di hari keempat, kelima dan keenam.  Di hari ketujuh, uji penguasaan materi anak sebagaimana di Tahap I.
Pada Tahap IV sebagai tahap lanjutan, anak diperkenalkan pada Gabungan 2 Kata dengan menambahkan preposisi (ini, itu) bersamaan dengan kartu kata yang telah diajarkan sebelumnya.

Sumber: Agung Prasetyo, Fitri Yulianti, Kenfitria Diah W, Nurul Octavia I. (2011). Analisis Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Baru Pada Anak Pos Paud Mutiara Semarang Melalui Metode Glenn Doman. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Ibu Eli Misyati, A. Ma