A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257


Kurikulum

KURIKULUM TK MASJID SYUHADA'

Kurikulum yang digunakan di TK Masjid Syuhada merupakan kurikulum terpadu, yang diolah dari Kurikulum 2013 PAUD dan dipadukan dengan ciri khas TK Islam yang berada di lingkup Masjid Syuhada. Tentu saja relevan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits sebagai landasan dasar dalam mengembangkan, meningkatkan taraf pendidikan Islam serta kembali kepada “Tarbiyyah Nabawiyyah” yaitu ingin melahirkan pribadi muslim muslimah yang lurus aqidahnya, taat ibadahnya, mulia akhlaqnya, kuat fisiknya, luas wawasannya, rapi, terampil menata waktu, bersungguh-sungguh yang bermanfaat bagi sesama dan nantinya akan siap terjun dan bergaul di masyarakat global.

Kurikulum tersebut meliputi dua pengembangan:
1. Pengembangan perilaku
    a. Nilai-nilai agama dan moral
        Pengembangan moral dan nilai-nilai agama bertujuan agar anak didik menganal serta dapat mengamalkan dasar-dasar ajaran Islam. Aspek di atas dilaksanakan melalui:
        - pendidikan Aqidah
        - pendidikan Ibadah
        - Pendidikan Akhlaq
    b. Sosial Emosional
2. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar.
    Meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
     a. Aspek Bahasa.
     b. Aspek Kognitif
     c. Aspek Fisik motorik
     d. Aspek Seni. Terintegrasi pada aspek fisik motorik.


MODEL PENDIDIKAN
1.    Al-Quran dan hadits sebagai landasan dalam mengembangkan seluruh potensi kecerdasan anak, sebagai amanah dan aset 'fiddunnya wal akhirah'.
2.    Guru berpengalaman yang selalu dimotivasi dan  dibimbing untuk maju oleh para ahli PAUD.
3.    Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
4.    Menggunakan model pembelajaran BCCT yang berorientasi pada minat dan kebutuhan anak yang disesuaikan dengan tahap perkembangan anak.
5.    Pembelajaran berfokus pada anak (Student Center), pendidik bertindak sebagai fasilitator dan motivator yang memberikan pijakan-pijakan baik sebelum main, selama bermain maupun setelah main.
6.    Menyiapkan pengalaman main yang beragam untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (Multiple Intelligent)
7.    Pembelajaran yang aktif, kreatif dan  menyenangkan, dikemas dalam sentra-sentra main yang terencana dan terarah dengan didukung pijakan-pijakan sehingga mampu mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki anak.
8.    Tambahan layanan pendidikan berupa iqro', musik, menari, berenang, berkebun dan komputer kids.
9.    Sangat berhati-hati dan teliti dalam membimbing, melatih dan mendidik anak sesuai dengan prinsip tumbuh kembang anak didukung dengan ilmu pendidikan anak usia dini.

Anak usia dini khususnya anak taman kanak-kanak belajar apa saja yang ada di lingkungan sekitarnya. TK masjid syuhada saat ini telah mencoba memanfaatkan lingkungan sebagai pusat belajar anak. Dengan menyiapkan  lingkungan  belajar dalam sentra-sentra main yang kaya akan innformasi, menjadikan anak dapat bereksplorasi  dan menemukan pengetahuan mereka sendiri dari pengalaman belajar anak. Melalui sensorimotor anak yaitu melihat, mendengar, merasa, mencium, dan meraba memungkinkan anak terlibat langsung dalam menemukan informasi. Informasi yang mereka dapatkan sendiri akan lebih bermakna bagi anak. Dengan didukung pemberian pijakan-pijakan baik sebelum main, selama main dan setelah main, menjadikan belajar anak lebih terarah sehingga potensi anak akan tumbuh secara optimal.

Sosial emosional anak akan berkembang melalui interaksi anak dengan guru, teman-temannya, dan orang dewasa lainnya yang ada di lingkup TK Masjid Syuhada. Intelektual, kreativitas, dan daya  pikir kritis anak berkembang melalui pengalaman langsung anak dengan lingkungannya. Anak akan mengeksplorasi pengetahuan mereka sendiri melalui lingkunan main yang telah d ipersiapkan dengan sebaik-baiknya. 

Nilai religius anak berkembang melalui pembiasaan-pembiasaan. Pembiasaan tersebut meliputi pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, makan dengan tangan kanan, latihan shalat dan sebagainya. Dengan begitu anak akan lebih mengagumi ciptaan-ciptaan Allah dan akan tumbuh rasa hormat terhadap pencipta-Nya serta mampu meneladani Rasulullah SAW.

Pertumbuhan jasmani akan berkembang melalui kegiatan-kegiatan fisik yang sudah terencana, disajikan dengan lebih bervariasi yang berpedoman pada standar Kurikulum 2013 PAUD.


SISTEM PEMBELAJARAN
Menggunakan sistem pembelajaran bardasarkan minat yaitu model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Times). Prinsipnya: Bermain sambil belajar dengan fokus pada pembiasaan utamanya pengendalian emosi dan mengenalkan aspek keagamaan.
Adapun proses pembelajaran yaitu:
1.    Penataan lingkungan main
2.    Penyambutan anak
3.    Main pembuka
4.    Transisi
5.    Pijakan sebelum main
6.    Pijakan selama main
7.    Pijakan setelah main
8.    Penutup

Macam-macam sentra yang digunakan di TK/KB Masjid Syuhada'
1.    Sentra persiapan
2.    Sentra main peran
3.    Sentra bahan alam
4.    Sentra balok
5.    Sentra seni dan budaya



PENGELOMPOKAN USIA
Pembagian kelas di Taman Kanak-Kanak Masjid Syuhada adalah kelas yang dibuat berdasarkan pengelompokan umur.
Kelompok Bermain (umur 2 tahun- 3 tahun 11 bulan)
Kelompok A (umur 4 tahun- 4 tahun 11bulan)
Kelompok B (umur 5 tahun keatas)