Artikel

MAY 11

Manfaat Buah Mengkudu

May 11, 2013 | by Admin Tk Syuhada
Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau pace (bhs. Jawa) banyak dijumpai di daerah pedesaan. Buah ini tidak disukai karena baunya yang menyengat dan tidak enak. Banyak orang yang membiarkan buah ini berserakan.

Belum banyak yang tahu akan manfaat dari buah mengkudu. Dalam dunia medis banyak penelitian mengenai kandungan buah mengkudu yang dapat digunakan sebagai pengobatan. Buah ini dikembangkan sebagai obat herbal. Manfaat dari buah mengkudu salah satunya adalah dapat digunakan sebagai obat diabetes.

Selain untuk pengobatan, ada manfaat lain dari buah mengkudu. Di daerah pedesaan buah ini digunakan sebagai pemutih pakaian.

Banyak orang mengeluhkan susahnya mencuci pakaian berwarna putih yang terkena noda. Biasanya pakaian berwarna putih terkena noda tanah atau keringat akan berubah warna menjadi kecoklatan dan tidak merata.

Anak-anak yang aktif tentunya akan banyak mengeluarkan keringat yang akan menempel di baju mereka. Anak-anak juga sangat suka bermain tanah dan air. Percampuran ini apabila menempel di pakaian akan menjadikan pakaian putih berubah warna menjadi kecoklatan. Buah mengkudu dapat digunakan untuk menghilangkan noda tersebut tanpa menjadikan kain menjadi lebih tipis dan mudah robek.

Namun kekurangan dari buah mengkudu ini adalah baunya yang tidak enak dan menyengat. Orang yang tidak tahan dengan bau buah mengkudu akan merasa tidak nyaman dan menjauhinya.

Untuk menghilangkan noda pada pakaian dengan buah mengkudu ini dapat dilakukan dengan cara:

1. Ambil buah mengkudu yang sudah matang dan cuci sampai bersih.
2. Sediakan air secukupnya sesuai banyak-sedikitnya pakaian yang akan dicuci.
3. Remas-remas buah mengkudu dan larutkan pada air.
4. Rendam pakai dalam larutan buah mengkudu selama 30 menit.
5. Bilas pakaian dengan air besih.
6. Cuci pakaian seperti biasanya dengan menggunakan detergen. (Ermi S)