Artikel

JAN 18

MEMBIASAKAN ‘WUDHU SEBELUM TIDUR’ SEJAK DINI

January 18, 2014 | by Admin Tk Syuhada

 

            Setelah melakukan kegiatan seharian, tentu kita akan merasakan badan yang capek. Begitu juga dengan anak-anak kita yang masih dalam tahap suka bermain dan tak kenal waktu. Pastinya kita dan anak-anak kita membutuhkan istirahat yang sempurna untuk memulihkan kembali tenaga kita. Alangkah baiknya jika istirahat kita juga bernilai ibadah di mata Allah.

Rutinitas yang diajarkan orangtua kepada anaknya menjelang tidur adalah menggosok gigi, cuci tangan dan kaki sebelum tidur. Namun, alangkah baiknya jika ayah-bunda juga mengajarkan wudhu sebelum tidur. Mulai membiasakan anak-anak untuk berwudhu sebelum tidur mungkin menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan karena memang belum terbiasa. Sebaliknya, menjadi sangat ringan bagi orang yang sudah terbiasa melakukannya, bahkan ada yang sulit dan tidak nyenyak tidur jika mereka tidak berwudhu dulu sebelum tidur. Ada sesuatu yang hilang jika tidak berwudhu. Awalnya memang berat, tetapi kemudian menjadi nikmat.

Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga apabila kita bisa membiasakan anak-anak untuk berwudhu sebelum tidur, itu akan menjadi salah satu kebiasaan untuk mengikuti sunnah Nabi kita. Selain itu, berwudhu sebelum tidur juga mempunyai manfaat bagi tubuh kita maupun anak-anak. Tidur dalam keadaan suci akan membuat tidur lebih nyenyak, tubuh kita dalam keadaan bersih, merilekskan otot-otot sebelum beristirahat, wajahnya akan cerah, bersih, akan membentuk sikap hidup yang positif di kemudian hari dan senantiasa didoakan malaikat selama tidur kita. Oleh karena itu, berwudhu sebelum tidur menjadi sesuatu yang seharusnya kita amalkan dan kita ajarkan pada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari diri kita sendiri sembari mengajak anak untuk membiasakannya. Insya Alllah, anak-anak yang terbiasa melakukannya kelak mendapatkan manfaatnya. 

Ayo, ayah-bunda, tak ada salahnya jika kita mulai untuk membiasakan diri kita (sebagai teladan) dan anak-anak kita untuk berwudhu sebelum tidur, berdoa sebelum tidur, dan meniru kebiasaan tidur Rasulullah SAW. (add_int)