Artikel

FEB 03

Pentingnya Perkembangan Motorik Kasar Bagi Anak Usia Dini

February 03, 2020 | by admin KB-TK Masjid Syuhada

PENTINGNYA PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR

 BAGI ANAK USIA DINI

 

 

Mengapa perkembangan motorik kasar itu penting ?

 

Karena keterampilan motorik kasar akan membantu anak beraktifitas sehari-hari, misalnya saja dalam hal memakai celana, anak akan berdiri dengan satu kaki,  jika anak tidak dilatih untuk berdiri dengan satu kaki, pastilah anak tersebut akan mengalami kesulitan. Ketika anak mengalami kesulitan dalam mengambil sesuatu diluar jangkauan tangannya, anak yang terlatih motorik kasarnya akan berusaha berjinjit setinggi mungkin agar bisa menjangkaunya.

Keterampilan motorik kasar juga berpengaruh pada kemampuan lainnya, sebagai contoh kemampuan anak untuk dapat duduk dengan tegak berpengaruh pada keterampilan motorik halusnya yaitu menulis, menggambar, menggunting.

Setiap anak mengalami fase tumbuh kembang yang berbeda. Keterampilan motorik kasar anak biasanya dikuasai pada usia-usia tertentu. Pada awalnya kelompok otot besar anak akan berkembang terlebih dahulu, artinya anak-anak akan menguasai aktivitas motorik kasar terlebih dahulu daripada kemampuan motorik halus.

KB-TK Masjid Syuhada sebagai lembaga pendidikan anak usia dini senantiasa menstimulasi perkembangan motorik kasar sebagai pondasi semua aspek perkembangan anak. Stimulasi dilakukan setiap hari dengan kegiatan yang variatif dan dengan rentang waktu yang disesuaikakn dengan usia anak usia dini kurang lebih 30’. Kegiatan pengembangan motorik kasar yang variatif bertujuan untuk menstimulasi kelenturan, kekuatan, keseimbangan tubuh anak. Contoh kegiatan motorik kasar di KB-TK Masjid Syuhada : Merayap, merangkak, merayap dengan variasi, merangkak dengan variasi, bergelayut, bergelantung, bergelantung dengan perpindahan, memanjat, berlari cepat, melompat, meloncat, melempar dan menangkap bola, melambungkan bola, menendang bola dengan terarah dan lain sebagainya, yang tentunya semua kegiatan ini disesuaikan usia anak.  Dengan kemampuan motorik kasar yang baik,  semua aspek perkembangan anak akan berkembang secara optimal