Artikel

MAY 11

Pinguin :Burung unik yang mahir berenang

May 11, 2013 | by Admin Tk Syuhada
Pinguin :Burung unik yang mahir

Penguin termasuk dalam keluarga burung. Meski demikian, tubuhnya tidak seperti kebanyakan burung yang kita kenal sehari-hari. Ia pun tidak bisa terbang. Wah, aneh juga ya?

Meski tidak bisa terbang di udara, penguin sangat mahir "terbang" di air. Di dalam laut, penguin bisa berenang lincah seperti ikan. Hm.., bisakah kamu berenang? Bila belum, kita bisa belajar pada penguin dan meniru gerakan-gerakannya. Untuk itu, kita harus mengenalnya dulu.

Di mana penguin tinggal?
Sebagian besar penguin tinggal di daratan Antartika. Wilayah di Kutub Selatan ini berselimut es dan berhawa sangat dingin. Anehnya, mereka nyaman tinggal di sana. Penguin juga bisa kita temukan di Selandia Baru, Australia, pantai Barat Daya Afrika, dan Amerika Selatan.

Penguin memang suka tinggal di daerah dingin. Namun, ada pula jenis penguin yang menyukai daerah hangat di Galapagos.

Apa makanan penguin?
Ada beragam jenis makanan yang disukai penguin. Di antaranya adalah udang, cumi-cumi, ikan sotong, dan beberapa jenis ikan kecil lainnya. Tahu nggak, satu koloni penguin bisa menyantap beberapa ton ikan dalam sehari!

Siapa musuh penguin?
Di alam liar, ada beberapa satwa yang menjadi musuh penguin. Musuh utama mereka adalah anjing laut. Penguin juga akan menghindar bila bertemu paus pembunuh (killer whale).

Bisakah terbang?
Meski memiliki sayap, penguin tidak bisa terbang. Bagian tubuh yang mirip sayap itu mungkin lebih tepat disebut dayung. Lho.., kenapa?

Soalnya, saat di air, penguin menggunakan sayapnya untuk mendayung. Wus...wus, mereka sangat lincah berenang dan beratraksi di dalam air.

Bisakah bernyanyi?
Ya, penguin bisa bernyanyi! Tapi bagi kita, suara mereka hanyalah seperti tiupan terompet. Nyanyian itu berguna untuk mencari pasangan saat musim kawin. Masing-masing penguin memiliki lagu tersendiri. Hal ini juga berguna bagi anak penguin untuk mengenali induknya.

Disadur dari sumber di Internet